GARISAN NAZCA

Nazca Lines (Garis Nazca) adalah serangkaian geoglyphs kuno yang terletak di Gurun Nazca – Peru selatan. Nazca Lines terdapat di dataran tinggi gersang membentang lebih dari 80 kilometer (50 batu) di antara kota Nazca dan Palpa di Pampas de Jumana sekitar 400 km sebelah selatan dari bandar Lima.

Meskipun beberapa geoglyphs lokal mirip motif Paracas, para ahli percaya bahawa Nazca Lines dibuat oleh kebudayaan Nazca. Ratusan rekabentuk individu berkisar dalam kompleks dari garis sederhana sampai la ke rekabentuk yang lebih terperinci tertentu seperti hummingbirds (sejenis burung), laba-laba, monyet, ikan paus, dan lain-lainnya.

Garis rekabentuk dibuat agak dangkal pada tanah dengan menghilangkan kerikil kemerahan dan mengungkap tanah keputihan/keabu-abuan di bawahnya. Ratusan rekabentuk adalah garis sederhana atau bentuk geometrik, lebih dari tujuh puluh adalah rekabentuk zoomorphic haiwan seperti burung, ikan, llamas, jaguar dan monyet.

Garis Nazca

Rekabentuk lain termasuk bentuk phytomorphic seperti pohon dan bunga. Rekabentuk terbesar adalah lebih dari 200 meter (660 kaki). Para ahli pengkaji berbeza dalam menafsirkan tujuan dari rekabentuk, tetapi pada umumnya mereka berpendapat ia berkaitan penting terhadap keagamaan atau kepercayaan pagan.

Salah satu teori mengatakan bahawa salah satu geometrik dapat menunjukkan aliran air atau dihubungkan ke upacara ritual untuk ‘memanggil’ air. Laba-laba, burung, dan tanaman boleh menjadi simbol kesuburan. Penjelasan lain yang mungkin termasuklah “skema pengairan” atau kalender astronomi raksasa.

Menentukan bagaimana Nazca Lines dibuat lebih mudah daripada mencari mengapa Nazca Lines dibuat. Para ahli pengkaji telah berteori orang-orang Nazca mungkin menggunakan alat-alat sederhana dan peralatan survei biasa untuk membangun garis. Yang mendukung teori ini, survei arkeologi telah menemukan kayu pancang di tanah pada ujung beberapa garis. Salah satu kayu pancang tersebut merupakan dasar untuk menetapkan usia kompleks rekabentuk.

Di tanah, sebagian besar garis yang dibentuk oleh parit dangkal dengan kedalaman antara 10 cm (3.9 inci) dan 15 cm (5.9 inci). Parit tersebut dibuat dengan menghapus kerikil yang menutupi permukaan gurun Nazca. Ketika kerikil ini dihapus cahaya berwarna tanah di bagian bawah parit menghasilkan garis yang kontras tajam dengan permukaan tanah di sekitarnya.

Secara total, projek pekerjaan tanah yang besar dan kompleks ini meliputi hampir 500 km persegi, dan rekabentuk figura terbesar hampir 270 meter (890 kaki).

Beberapa pengukuran untuk Hummingbird (burung) misalnya adalah 93 meter (310 kaki)
Koordinat Google earth 14 41’31.59″S 75 8’55.90″W

Garis Hummingbird
.

Condor adalah 134 meter (440 kaki)
Koordinat Google earth 14 41’50.09″S 75 7’34.59″W

Garis Condor
.

Monyet adalah 93 meter (310 kaki) – 58 meter (190 kaki)
Koordinat Google earth 14 42’24.93″S 75 8’18.40″W

Garis Monyet
.

Spider (Laba-laba) adalah 47 meter (150 kaki)
Koordinat Google earth 14 41’38.88″S 75 7’20.57″W

Garis Laba-laba
.

Iklim yang sangat kering dan sedikitnya angin dari wilayah Nazca telah mengawetkan garis dengan baik. Gurun Nazca adalah salah satu kawasan terkering di Bumi dan memiliki suhu sekitar 25 darjah Celcius (77 darjah Farenheit) sepanjang tahun. Sedikitnya angin telah membantu memelihara garis dan terlihat sampai hari ini.

Beberapa aspek misterius dari Nazca adalah:

Pertama, garis-garis lurus, panjangnya sampai ukuran kilometer, sektornya simpang siur dari tengah ke segala arah. Banyak dari garis tampaknya random dan tampaknya tidak memiliki pola atau corak tertentu.

Misteri Garis Nazca di Peru
Kedua, banyak dari garis membentuk figura geometrik: sudut, segitiga, spiral, persegi panjang, garis bergelombang, dan lain-lain. 

Jalur lain membentuk lingkaran konsentris konvergen dengan atau berasal dari sebuah promontory. Rekabentuk lainnya telah membentuk “jalan” yang geometrik dan tampaknya telah dihuni oleh kelompok besar suatu penduduk.

Ketiga, banyak garis membentuk pola haiwan. Jika orang-orang yang tinggal di sini 2,000 tahun lalu yang hanya memiliki teknologi sederhana, bagaimana mereka boleh berhasil membangun rekabentuk yang tepat seperti itu? Apakah mereka punya tujuan tertentu? Hmmm… ntah ler.

Para peneliti masih sama sekali belum mengetahui untuk apa yang orang-orang membangun itu semua atau apa gunanya.

Allahu’alam…

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s